SLOT OPEN :) Silahkan kirim order anda ke jasapenulisbrilian@gmail.com atau kontak WhatsApp

Tuesday, August 19, 2014

Tanaman Obat Tradisional dengan Berbagai Khasiat

Selain pengobatan dengan cara medis dan menggunakan berbagai obat racikan apoteker, kita juga bisa memanfaatkan tanaman obat tradisional atau tanaman herbal. Tanaman obat adalah tanaman yang berkhasiat sebagai obat-obatan dan kadang memang sengaja dibudidayakan. Saat ini tanaman obat juga bisa dijadikan bisnis sebagai bahan obat herbal yang disebut tanaman obat keluarga atau TOGA.

Ada banyak tanaman khususnya tumbuh-tumbuhan yang berguna mengatasi berbagai macam penyakit misal batuk, asma, asam urat, kanker, jantung, maag, panas dalam, pusing-pusing, dan sebagainya. Di Indonesia sendiri sebetulnya tanaman obat sudah ada beratus tahun sebelumnya dan hingga sekarang masih dimanfaatkan.

Contoh tanaman obat yang berkhasiat seperti temulawak, kencur, dan kunyit.

Tanaman Obat Tradisional Temulawak

Temulawak juga digunakan sebagai bahan minuman jamu. Temulawak ini termasuk dalam tanaman umbi. Ada banyak khasiat dari tanaman ini, misalnya untuk mengatasi penyakit pinggang, maag, sakit kepala, dan sembelit.

Untuk memanfaatkan temulawak bisa diracik sendiri. Berikut tipsnya:

  1. Sakit Pinggang: Rebus satu rimpang temulawak dan kunyit yang dicampur dengan satu genggam daun kumis kucing. Gunakan satu liter air saja kemudian disaring. Minum satu gelas per hari.
  2. Sakit Maag: Ambil satu rimpang temulawak yang sudah dipotong-potong tipis kemudian rebus dengan lima gelas air. Saring dan minumlah satu gelas per hari.
  3. Sakit Sembelit: Ambil satu rimpang temulawak dan tumbuk dengan biji sawi. Seduh hasil tumbukan temulawak dan biji sawi dengan segelas air panas. Sebaiknya segera diminum saat masih hangat.
  4. Sakit Kepala: Ambil temulawak secukupnya yang sudah dicuci kemudian potong-potong tipis. Angin-anginkan potongan temulawak hingga kering dan tumbuklah hingga menjadi tepung temulawak. Rebus empat tepung temulawak dengan empat gelas air kemudian disaring. Minumlah tiga gelas per hari.

Tanaman Obat Tradisional Kencur

Kencur juga populer sebagai minuman jamu karena tidak hanya untuk menghangatkan badan dan menyegarkan badan yang sudah capek tetapi kencur memiliki banyak manfaat lain sebagai tanaman obat tradisional Indonesia. Kencur terkenal untuk menyembuhkan sakit tenggorokan atau batuk, Kencur tidak hanya digunakan sebagai obat herbal namun juga digunakan di dalam industri kuliner untuk bumbu penyedap serta sebagai salah satu bahan kosmetik dalam industri kecantikan.

Untuk memanfaatkan kencur bisa diracik sendiri. Berikut tipsnya:
  1. Sakit Batuk dan Tenggorokan: Ambil kencur yang sudah dicuci hingga bersih kemudian kupas kulitnya. Parut kencur dan ambil perasan kencur tersebut kemudian campur dengan sedikit garam dan air secukupnya. Aduk hingga rata dan kencur siap diminum. Dianjurkan diminum sehabis sarapan dan sebelum tidur.
  2. Sakit Asma: Cuci bersih kencur dan kupas kulitnya. Buat perasan dari kencur kemudian campur dengan dua sendok makan madu, seperempat perasan jeruk nipis, dan satu butir telur ayam kampung. Aduk hingga merata dan minumlah pada sore serta malam hari sebelum tidur.
  3. Keseleo: Ambil kencur dan campurkan dengan beras yang sudah direndam. Tumbuk campuran kencur dan beras dengan air secukupnya kemudian tambahkan dengan minyak kayu putih. Oleskan hasil tumbukan ke bagian yang terasa sakit atau keseleo kemudian tutup bagian tersebut dengan kain kasa.
Tanaman Obat Tradisional Kunyit

Kunyit terkenal digunakan dalam industri kuliner sebagai minuman jamu, pewarna makanan, dan bumbu penyedap. Selain itu kunyit sebagai jenis tanaman obat tradisional rempah juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti menyembuhkan gatal-gatal, sakit tenggorokan atau panas dalam, keputihan pada wanita, dan tifus.

Untuk memanfaatkan kunyit bisa diracik sendiri. Berikut tipsnya:

  1. Penyakit Kulit dan Gatal-gatal: Ambil kunyit secukupnya yang sudah dibersihkan kemudian tumbuk dan campur dengan biji cengkeh serta daun melati. Remas-remas dan oleskan tumbukan kunyit tersebut pada bagian tubuh yang gatal dan sakit kulit.
  2. Sakit Tenggorokan atau Panas Dalam: Ambil kunyit yang sudah dibersihkan dan dikupas kulitnya kemudian diparut. Campurkan parutan kunyit dan potongan gula merah secukupnya dengan air hangat kemudian disaring. Minumlah saat masih hangat.
  3. Pencegah Keputihan: Bersihkan dua ruas kunyit kemudian rebus beserta satu potong gula aren, segenggam daun belutas, dan satu gagang asam. Hasil rebusan diminum satu gelas per hari.
  4. Sakit Tifus: Tumbuk dua ruas kunyit beserta satu lembar daun sambiloto dan satu bonggol serai hingga halus. Campurkan hasil tumbukan dengan satu gelas air hangat kemudian disaring. Minum satu gelas per hari selama satu minggu.
Itulah beberapa tanaman obat tradisional yang bisa dicoba sebagai resep herbal.
Copyright © 2015 Jasa Penulis Brilian
Back to Top