SLOT OPEN :) Silahkan kirim order anda ke jasapenulisbrilian@gmail.com atau kontak WhatsApp

Monday, October 6, 2014

Cara Menjaga Kebersihan Alat Make Up

Kecantikan tidak bisa lepas dari yang namanya cara-cara menjaga kebersihan alat make up. Setiap hari kita keluar dengan menggunakan make up di wajah agar terlihat cantik, segar, dan percaya diri. Kita menggunakan berbagai peralatan make up untuk merias wajah seperti kuas untuk memulas bibir, eye shadow, blush on, spons untuk bedak, dan alat make up lainnya. Jika anda sering menggunakan peralatan make up maka kebersihannya perlu dijaga, apalagi ketika sudah mulai berbau tidak sedap akibat keringat serta bakteri yang menempel pada alat-alat tersebut. Saat kita malas untuk membersihkan alat make up, maka hal tersebut bisa menyebabkan infeksi pada wajah.

Bagaimana Menjaga Kebersihan Alat Make Up?

Jangan langsung menyimpan alat make up anda setelah dipakai, berikan sedikit waktu untuk membersihkannya. Berapa kali anda membersihkan peralatan make up itu tergantung dengan seberapa sering anda menggunakan peralatan make up tersebut. Paling tidak bersihkan peralatan make up dua atau tiga kali dalam waktu satu minggu.

Hal yang perlu untuk dilakukan adalah:

1.    Memilih jenis sabun yang akan digunakan untuk mencuci peralatan make up.
Ada banyak sekali sabun yang aman untuk membersihkan peralatan make up. Anda bisa memakai merek sabun wajah yang sering digunakan atau dengan menggunakan sampo yang sering dipakai (sampo bayi juga bisa dipilih untuk tips membersihkan alat make up). Yang terakhir, anda dapat menggunakan sabun cuci piring antibakteri yang ampuh untuk membersihkan kuas make up, tinggal campur saja dengan minyak zaitun yang berguna sebagai conditioner kuas make up anda.

2.    Cuci sampai bersih peralatan make up dengan air hangat.
Jangan merendam peralatan make up anda dengan air karena selain bisa membuat peralatan make up yang berlogam karatan, merendam alat make up akan membuat kotoran yang menempel tertinggal ditambah bulu kuas jadi mudah rontok. Cuci saja peralatan make up nya dengan kucuran air hangat, pastikan hanya bagian kuasnya saja yang terkena air agar bagian logam tidak karatan jika terkena air. Untuk spons, tidak masalah semua bagiannya kena air tapi ingat jangan direndam.
Cuci semua peralatan make up tersebut dengan sampo atau sabun. Untuk kuas, basahkan sedikit saja dengan sabun atau sampo pada bagian bulu sedangkan spons dapat dicuci dan ditekan sampai busanya keluar. Kemudian bilas semuanya sampai bersih dan pastikan tidak ada sabun ataupun sampo yang masih tertinggal.

3.    Keringkan peralatan make up secara alami jangan diusap dengan kain.
Menjaga kebersihan peralatan make up saat dikeringkan tidak perlu diusap dengan kain atau handuk. Biarkan peralatan make up kering secara alami dengan membaringkannya di tempat yang kering. Memang perlu waktu yang lebih lama tapi cara ini lebih aman, selain itu jangan terburu-buru menggunakan make up saat belum terlalu kering benar. Tunggu sampai peralatan make up betul-betul kering paling tidak selama 24 jam.

Selain kebersihan peralatan make up yang perlu dijaga, anda juga harus mengganti kosmetik yang sudah kadaluwarsa. Kosmetik yang sudah kadaluwarsa apabila tetap dipakai bisa menimbulkan infeksi pada wajah. Percuma bila alat make up sudah dibersihkan tetapi kosmetiknya sendiri tidak diganti dengan yang baru. Itulah beberapa tips cara menjaga kebersihan alat make up yang penting bagi wanita.
Copyright © 2015 Jasa Penulis Brilian
Back to Top